Pos Basarnas Ajibata Diresmikan, untuk Dukung Danau Toba Sebagai Tujuan Wisata Super Prioritas

0 0
Read Time:1 Minute, 44 Second

Wartaotonomibaru.com

TOBASA – Gedung Pos Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau sering disebut Basarnas bertambah satu lagi,dan kali ini diseputaran Danau Toba, tepatnya di pelabuhan Ajibata, Tobasa, yang diresmikan Wakil Bupati Tobasa Ir. Hulman Sitorus, Rabu (11/2/2020).

Adanya pos Basarnas ini terutama bertujuan untuk pelayanan keselamatan pelayaran, dalam rangka mendukung program kepariwisataan Danau Toba menjadi super prioritas.

Dalam kata sambutannya, di hadapan para undangan Para utusan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  se kawasan Danau Toba, termasuk Sekretaris BPBD Kabupaten Simalungun Manaor Silalahi, Wakil Bupati mengapresiasi pembangunan Gedung Pos Basarnas di Ajibata dan berharap tim Basarnas dapat meningkatkan pelayanan keselamatan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

“Syarat-syarat keselamatan di Danau Toba sudah lengkap, kita berharap para pelaku wisata khususnya pemilik kapal mematuhi syarat-syarat tersebut.Kita berharap semoga kunjungan wisatawan ke Danau Toba semakin meningkat, yang bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan kita ucapkan juga terimakasih kepada masyarakat sekitar yang telah mendukung program pariwisata dan keselamatan pelayaran atas peran sertanya,” ujar Hulman Sitorus.

Kepala BNPP Marsdya Bagus Paruhito dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Dianta Bangun menyampaikan keberhasilan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan ditentukan tiga pilar utama, yakni sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkompeten, sinergitas dan potensi SAR, serta sarana prasarana yang memadai.

“Basarnas memiliki 43 unit yang tersebar diseluruh Indonesia, salah satunya Kantor SAR Medan yang saat ini telah memiliki prasarana dua gedung pos Basarnas, di kawasan Danau Toba tepat di sekitar Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba dan di Tanjung Balai yang berfungsi mendukung operasional SAR selama 24 jam dalam pelayanan keselamatan masyarakat dan turis pada kecelakaan pesawat udara, kapal, pada fase tanggap darurat dan kondisi membahayakan manusia, “katanya.

Baca juga :   Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus : PPKD Merupakan Landasan Kebijakan Pembangunan Kebudayaan Daerah

Diharapkannya melalui Gedung Pos Basarnas Danau Toba di Ajibata, tim Basarnas dapat memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat dan turis serta menjadi wadah informasi, komunikasi, kordinasi dan tempat aktivitas menjalin silahturahmi antara Basarnas dengan masyarakat di bidang SAR di wilayah Danau Toba dan sekitarnya.

Bagus Paruhito berharap kepada pemerintah daerah dan masyarakat di kawasan Danau Toba dapat bersinergi dengan Basarnas, untuk sama-sama menjaga nilai-nilai keselamatan dalam kegiatan pariwisata.(Susan)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*