Bank Indonesia: Virus Corona dan Perang Harga Minyak Redupkan Harapan




0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

Wartaotonomibaru.com

JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan anjloknya harga minyak dunia merupakan tantangan baru di tengah upaya seluruh negara di dunia meminimalisir dampak dari penyebaran virus corona. Padahal sebetulnya kesepakatan tahap pertama perundingan perdagangan AS-Tiongkok sempat menurunkan ketidakpastian global dan meningkatkan optimisme pelaku ekonomi terhadap prospek pemulihan ekonomi global.

“Di awal Februari sebetulnya ada secercah harapan, tetapi kemudian redup kembali dengan munculnya virus Corona. Sekarang ini Corona menyebar ke banyak negara, ke Amerika Serikat, Jepang, Perancis. Dunia saat ini masih menghadapi virus Corona.

Pagi ini kita dihentakkan dengan perang oil yang kemudian membuat harga minyak turun dari sekitar US$ 60 per barel menjadi US$ 30-an per barel.

Inilah salah satu contoh menurunnya globalisasi dan meningkatnya digitalisasi,” kata Perry Warjiyo, di acara penandatanganan nota kesepahaman antara BI, Kementerian Tenaga Kerja, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi tentang Kerja Sama Standarisasi Kompetensi di Bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, di gedung BI, Jakarta, Senin (9/3/2020).

BI sejauh ini belum melakukan tinjauan untuk merespon anjloknya harga minyak dunia. Perry mengatakan sikap BI nantinya akan disampaikan pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Maret 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada 18-19 Maret 2020.

“Nanti kami sampaikam di RDG bulanan hari kedua,” kata Perry singkat.

Perekonomian global kembali menghadapi tantangan berat menyusul harga minyak mentah dunia yang anjlok ke level US$ 30-an per barel dari sebelumnya di kisaran US$ 60 per barel. Anjloknya harga minyak mentah dunia ke level terendah sejak 2016 ini dikarenakan OPEC gagal mencapai kesepakatan dengan Rusia terkait pengurangan produksi minyak. Hal ini berpotensi menimbulkan perang harga minyak. (Erni Kusumawati)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*