Pembangunan Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 Fokus Pada Peningkatan Infrastruktur Daerah Dan Sumber Daya Manusia




0 0
Read Time:2 Minute, 29 Second

Wartaotonomibaru.com

TOLITOLI – Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tolitoli Tahun 2021.

Musrenbang RKPD yang dilaksanakan pada Rabu (11/3) di Ruang Pulau Simatang Hotel Mitra Tolitoli itu dibuka oleh Bupati Tolitoli diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si dan turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli Moh. Randi Saputra, AR, Kepala BAPPEDA Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Hasanudin Atjo, MP, serta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah Daerah Pemilihan wilayah Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Buol Drs. Zainal Daud.

Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Tolitoli Halimah Setyoningrum, SE.,M.Si dalam laporannya menyampaikan Musrenbang RKPD ini merupakan satu kesatuan dari proses kegiatan pembahasan forum perangkat daerah yang telah dilaksanakan dengan tujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyampaikan arti prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran prioritas pembangunan Provinsi dan sebagai bahan penyempurnaan rancangan akhir RKPD tahun 2021.

Halimah juga menyampaikan, peserta Musrenbang terdiri dari Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, Kepala Perangkat Daerah dan masing-masing Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli, para Camat, Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Tolitoli, Ketua penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Tolitoli, tokoh agama tokoh masyarakat, kalangan akademisi dan lembaga swadaya masyarakat.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si mengatakan Musrenbang RKPD merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang dimulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi serta tingkat Nasional, serta merupakan kelanjutan dari hasil pembahasan forum perangkat daerah yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan tanggal 28 Februari 2020 yang lalu.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap tim penyusun RKPD Kabupaten Tolitoli tahun 2021, Pimpinan Perangkat Daerah dan seluruh Camat dan Kepala Desa atas selesainya beberapa tahapan dalam proses perencanaan tahun 2021, mulai dari penyusunan rancangan awal RKPD dan Rencana Kerja Perangkat Daerah, tahapan konsultasi publik, Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan forum perangkat daerah sampai pelaksanaan Musrenbang RKPD ini.

Bupati mengutarakan, untuk memfokuskan capaian dan sasaran yang ingin dicapai pada tahun 2021, Pemerintah Daerah mengangkat tema pembangunan yang akan dituangkan dalam RKPD tahun 2021 yaitu “peningkatan infrastruktur daerah dan sumber daya manusia dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkualitas dan daya saing daerah“, dengan 11 (sebelas) prioritas pembangunan daerah yang kesemuanya untuk meminimalisir permasalahan yang ada, baik di bidang ekonomi, sosial dan infrastruktur serta memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap memperhatikan nilai dan budaya masyarakat setempat.

Untuk mewujudkan hal-hal tersebut kata Bupati diperlukan adanya sinergi kebijakan antara pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Nasional serta kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak swasta. Dalam acara pembukaan Musrenbang itu, juga diserahkan penghargaan Pemerintah Daerah kepada para Kepala Sub. Bagian Program yang diniliai memiliki kinerja terbaik I, II dan III di tiap Organisasi Perangkat Daerah.(Inwi)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*