Polda Metro Jaya Beri Pelatihan Ribuan Sopir

0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

JAKARTA, Wartaotonomibaru.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, memberikan pelatihan daring terhadap 2.000 sopir yang terdampak pandemi virus corona(Covid-19), di 51 pul bus atau taksi dan Polres jajaran, hari ini, Senin (20/4/2020). Termasuk, memberikan bantuan kepada sopir sebesar Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan ke depan.

“Hari ini pelatihan di 51 titik, di pul dan Polres-Polres. Jumlah yang latihan hari ini ada 2.000 pengemudi, menggunakan sistem pelatihan online,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Senin (20/4/2020).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo mengatakan, ada sekitar 40.000 sopir yang tercatat bakal mengikuti pelatihan online, di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Setiap harinya ada 2.000 sopir yang melakukan pelatihan.

“Ada 40.000 (sopir). Pelatihan 2.000 orang perhari di 51 titik pelatihan di pul perusahaan dan Polres-Polres. Pelatihannya secara online. Selesai pelatihan mendapatkan bantuan,” ungkap Sambodo.

Sambodo menyampaikan, sopir merupakan salah satu profesi yang terdampak langsung terkait kebijakan kerja di rumah selama pandemi Covid-19. Atas latar belakang itu, Presiden Joko Widodo melalui Polri membuat Program Keselamatan 2020 dengan memberikan pelatihan dan bantuan kepada sopir angkutan umum, bus, taksi, bajaj, dan lainnya.

“Program Keselamatan 2020 mengkombinasikan antara pelatihan dan pemberian bantuan. Jadi setelah mereka selesai latihan, nanti akan mendapatkan bantuan jumlahnya sebesar Rp 600.000 per bulan selama 3 bulan yaitu, bulan April, Mei dan Juni,” katanya.

Menyoal apa saja pelatihan yang diberikan melalui online, Sambodo menerangkan, ada tiga materi pelatihan berbeda. Materi pertama terkait protokol penanganan Covid-19, khususnya dikaitkan dengan protokol untuk di angkutan umum seperti bagaimana standar operasional prosedur ketika ada penumpang, dan sebagainya.

Baca juga :   Anggota Wantimpres RI Kunker Ke Pulau Karampuang Mamuju

“Yang kedua terkait dengan etika pelayanan dan Bahasa Inggris dasar. Nanti diajarkan bagaimana melayani masyarakat dengan baik, bagaimana melayani customer. Kemudian kami sampaikan juga Bahasa Inggris dasar, paling tidak ketika para sopir ini ada tamu dari turis asing dan sebagainya, mereka bisa paham berkomunikasi secara dasar dengan menggunakan Bahasa Inggris,” katanya.

Sambodo melanjutkan, materi ketiga adalah safety driving. Semisal, bagaimana mengemudi secara aman, cara mengerem yang baik, berbelok, berhenti, dan lainnya.

“Ketiga materi ini dilaksanakan setiap sekali pelatihan. Selesai pelatihan akan diberikan bantuan. Bantuannya berupa uang tunai, tapi kita bekerjasama dengan salah satu bank sehingga diberikan kartu ATM dan tabungannya. Di mana ATM itu bisa digunakan untuk mengambil secara tunai ataupun ditukarkan dengan toko-toko yang sudah bekerja sama, sehingga bisa dibelikan sembako atau kebutuhan lainnya. Jumlahnya Rp 600.000 per orang,” jelasnya.

Sambodo mengungkapkan, 40.000 sopir yang terdata dibagi tahap pelaksanaan pelatihan selama 20 hari setiap bulan. Sehingga, satu hari peserta latihan berjumlah 2.000 orang.

“Kemudian tidak dalam sekali gelombang. Ada misalnya gelombang I dari jam 08.00 WIB sampe jam 09.00 WIB sekian orang, gelombang II sekian orang, dan seterusnya. Mengapa? Karena tetap kita memperhatikan physical distancing, agar jarak antara peserta pelatihan tidak terlalu dekat. Kemudian saat memasuki ruang kelas protokol-protokol kesehatan juga diperhatikan, ada mencuci tangan, hand sanitizer, kewajiban pakai masker, diukur suhu, dan sebagainya,” tandasnya.

Berikut beberapa contoh lokasi pelatihannya:

-Induk Koperasi Kepolisian RI
Jalan Tambak Nomor 2 Menteng, Jakarta Pusat.

-PT Cendrawasih Pertiwi Jaya
Jalan Raya Pegangsaan Dua No 234, Jakarta Utara.

  • PT Express Transindo Utama
    Jalan Sukarjo Wiryopranoto Nomor 11 A Tamansari.
  • Blue Bird Pusaka Rawa Buaya
    Jalan Bojong Indah Raya Nomor 6, Rawa buaya, Jakarta Barat.
  • PT Giri Indah
    Ruko Makaliwe Office Park
    Jalan Dr Makaliwe Raya Nomor 11 A
    Grogol, Jakarta Barat.
  • PT Lintas Buana Taksi dan Silver Bird
    Jalan Mampang Prapatan Raya Nomor 40 Jakarta Selatan.
  • Koperasi Taksi Indonesia
    Jalan Raya Ciracas GG Kramat Kedongdong Nomor 2A Jakarta Timur.
  • PT Morante Jaya
    Jalan Raya Penggilingan Nomor 14-15 Cakung, Jakarta Timur.
  • Puskopau Halim NAD Trans
    Jalan bambu Apus Raya, Cipayung, Jakarta Timur.
Baca juga :   Gubernur Jabar Jenguk Wali Kota Bogor di RSUD

(Fredi Andi)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*