Hadapi Corona, Pemerintah Beri Stimulus Tunai Rp 600.000 Per Keluarga Seindonesia

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

JAKARTA,Wartaotonomibaru.com-Sejumlah pemilik dan pekerja di pasar grosir Tanah Abang, tertahan dan menunggu di pintu masuk utama pasar grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 6 April 2020. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui usulan Kementerian Sosial untuk memberikan stimulus berupa bantuan langsung tunai (BLT) selama tiga bulan bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi virus corona atau Covid-19. Sebelumnya, pemerintah juga mengumumkan akan memberi paket sembako.

Hal itu disampaikan Menteri Sosial Juliari P Batubara seusai mengikuti rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020).

Pemberian BLT ini sebesar Rp 600.000 per keluarga, lanjut Juliari P Batubara, merupakan keputusan yang diambil saat ratas mengenai program tambahan berupa program padat karya tunai. Selain membantu masyarakat lapisan bawah yang terkena dampak pandemi corona agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, juga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

“Presiden juga menyetujui usulan kami untuk memberikan bantuan langsung tunai atau disingkat BLT selama tiga bulan, dengan indeks juga Rp 600.000 per keluarga,” kata Juliari P Batubara.

Masyarakat yang berhak menerima BLT ini, menurut Juliari P Batubara adalah seluruh keluarga yang ada dalam data Kementerian Sosial ditambah dengan data tambahan dari pemerintah daerah (pemda) setempat.

“Termasuk keluarga yang ada di dalam data terpadu kami, tetapi belum menerima bansos seperti PKH, Kartu Prakerja dan sebagainya,” ujar Juliari P Batubara.

Untuk realisasi BLT tersebut, Juliari P Batubara menegaskan akan dilakukan secepatnya. Karena baru disetujui hari ini oleh presiden, maka pihaknya harus melakukan koordinasi terlebih dahulu. Tetapi dipastikan program BLT tersebut akan dilaksanakan bulan ini juga.

“Rencananya kami akan mulai secepatnya. Kita akan mulai bulan ini. Tetapi tentunya karena baru diputuskan hari ini, kami perlu untuk melakukan koordinasi-koordinasi terlebih dahulu,” terangnya.

Baca juga :   Tak Ada Jokowi Kalau Tak Ada Luhut

Sebelumnya, pemerintah juga mengatakan akan memberikan paket sembako dengan nilai Rp 600.000 per keluarga di Jabodetabek. Durasinya tiga bulan dan akan dimulai untuk bulan ini.

(Luangkip Kristianto)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*