Keinginan Trump Bantu Ventilator Jadi Momentum RI Bangun Industri Medis




0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

JAKARTA, Wartaotonomibaru.com –
Wacana yang dilontarkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan bantuan ventilator demi penanganan covid-19 kepada Indonesia, seharusnya menjadi momentum kesadaran menumbuhkan industri lokal.

Untuk diketahui, wacana bantuan ventilator itu disampaikan Trump via Twitter seusai dirinya berbicara dengan Presiden Joko Widodo via telepon pekan lalu.

Anggota Komisi IX DPR M Nabil Haroen menyatakan niat memberi bantuan tersebut sebagai inisiasi kerja sama yang baik di antara kedua negara. Bantuan yang sama juga dijanjikan AS ke beberapa negara di Amerika Latin seperti Ekuador dan Honduras.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan pihaknya memahami Pemerintah Indonesia terus bekerja keras dalam penanganan Covid-19, termasuk mengupayakan pengadaan ventilator.

“Kita harus mendukung langkah-langkah pemerintah Indonesia untuk menuntaskan program-program penanganan Covid-19,” kata Nabil Haroen, Senin (27/4/2020).

Namun demikian, diingatkannya bahwa seharusnya kejadian ini membuka mata soal pentingnya mengembangkan industri medis di dalam negeri.

Sebagai contoh, Covid-19 seharusnya menjadi pelajaran bahwa Indonesia harus bangkit dengan riset-riset obat, khususnya obat herbal. Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah maupun sumber daya manusia yang bagus.

“Potensi ini harus disatukan dengan kebijakan pemerintah, mendukung riset dan pengembangan produk herbal. Kita dukung petani, kita dorong periset, kita temani pelaku industrinya, lalu digarap dengan regulasi yang jelas,” kata Nabil.

Bahkan, Indonesia bisa mengambil peluang untuk memasok obat herbal di pasar internasional, jika punya produk yang telah diujicoba dan diakui oleh lembaga kesehatan internasional.

Hal kedua, kalaupun saat ini terpaksa harus mengimpor dulu ventilator, Nabiel menyatakan Pemerintah sebaiknya memastikan tidak ada skema pinjaman yang memberatkan kehidupan Indonesia di belakang hari.

“Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah, tetapi jikalau ada pinjaman dana pemerintah Indonesia ke pihak manapun, jangan sampai merugikan warga negeri ini dalam jangka panjang,” pungkasnya.

Selviana Lim
Wartaotonomibaru.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*