Kemendikbud Keluarkan Tiga Kebijakan Hadapi Pandemi Covid-19

2 0
Read Time:1 Minute, 12 Second

Wartaotonomibaru.com
JAKARTA- 
Pagebluk Covid-19 berdampak sangat signifikan pada duniapendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

pun harus mengeluarkan tiga kebijakan dalam menghadapi situasi yang membuat 94% siswa dan mahasiwa harus belajar dari rumah (BDR) tersebut.

Sekjen Kemendikbud Ainun Na’im menerangkan, kebijakan pertama adalah mengutamakan keselamatan dan kesehatan guru, siswa atau mahasiswa, tenaga kependidikan, dan masyarakat di sekitar sekolah. Kedua, mahasiswa, siswa, guru, dan dosen tetap melaksanakan proses belajar. 

Pendidikan harus sustainable dan berjalan. Ketiga, kami melakukan kolaborasi secara menyeluruh dan memobilisasi semua sumber daya untuk menjaga keamanan, kesehatan, dan sustainabilitas pendidikan,” ujarnya dalam diskusi daring dengan tema “Bagaimana Pendidikan Nasional Pasca Covid-19?”, Kamis (18/6/2020).

Kementerian, menurutnya, telah menutup sekolah dan menggantinya dengan belajar daring, luar jaringan (luring), jarak jauh, dan kombinasi. Kemendikbud juga bekerja sama dengan TVRI dan televisi-televisi lokal, serta provider nasional, dan pemerinta daerah (pemda).

Ainun mengungkapkan, pihaknya juga sudah merelaksasi sejumlah aturan, antara lain, penggunaan anggaran. Salah satunya, dana bantuan operasional sekolah (BOS) bisa digunakan lebih fleksibel. “Bisa untuk membayar guru, mengadakan bahan-bahan, dan barang-barang untuk keperluan kesehatan, seperti disinfektan dan sebagainya. Kita tahu ujian nasional pun sudah dihapus dan diganti dengan assessment lainnya,” paparnya.

Kemendikbud juga sudah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Gugus Tugas, dan Kementerian Agama untuk membahas keberlanjutan pendidikan nasional. Selain itu, bekerja sama dengan lembaga swasta dan penggiat pendidikan untuk membuat materi pendidikan selama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Soesilo/Fredi
Wartaotonomibaru.com

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Baca juga :   Jembatan Bailey Ambruk, Jalan Lintas Sumatera Siantar-3 Kecamatan Di Simalungun Putus

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*