Ketum PWI: Jurnalisme Berada dalam Tekanan Akibat Pandemi Covid-19

2 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

Wartaotonomibaru.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 menghantam berbagai sektor, termasuk dunia pers. Media-media internasional dan Indonesia merasakan langsung dampak pandemi. Insan pers diharapkan dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut.

“Ternyata jurnalisme kini berada dalam tekanan akibat dampak pandemi Covid-19. Kalau media internasional pun berdampak, bagaimana kita? Ternyata tidak ada yang luput. Kemampuan beradaptasi akan menjadi kunci,” kata Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S Depari.

Hal itu disampaikan Atal dalam seminar daring bertajuk “Diseminasi Informasi di Era Pandemi Covid-19”, Minggu (21/6/2020). “Situasi ini memang poin krusial. Organisasi pers harus mampu beradaptasi. Adaptasi yang harus dilakukan terutama berhubungan dengan redaksi yaitu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujar Atal S Depari.

Atal S Depari mengapresiasi disiplin menjalankan protokol kesehatan yang dijalankan para wartawan selama pandemi. “Saya tahu teman-teman sangat disiplin. Seluruh anggota pers wajib memakai masker, malah ditambah face shield, jaga jarak, cuci tangan, dan lainnya. Wartawan tetap berusaha mendapatkan berita berkualitas dan penting. Semangat teman-teman luar biasa,” ucap Atal S Depari.

Atal S Depari pun berharap perusahaan pers dapat bertahan. Sebab ketika ada media gulung tikar, maka jurnalisme hebat ikut hilang. Masyarakat justru hanya menerima informasi dari media sosial yang dianggap belum memiliki laporan kredibel.

“Tentu tak sedikit media yang mengeluh. Beberapa situs media kecil mungkin sudah berguguran. Adaptasi di bidang usaha memang agak sulit dibanding redaksi. Media mainstream pasti berhitung dengan mengurangi sumber daya manusia atau memotong gaji untuk bertahan,” kata Atal S Depari.

Atal S Deari pun menyebut, “Melihat pandemi belum juga reda, pers Indonesia perlu beradaptasi dengan mengambil langkah inovatif untuk bertahan hidup. Saya kira ke depan akan tumbuh lagi ekonomi. Kehidupan pers akan normal lagi. Semangat pers tetap akan di depan untuk urusan informasi. Memberitakan pemberitaan yang mencerahkan kepada masyarakat.”

Baca juga :   Wagub Riza Patria Siap Bantu Anies Tangani Covid-19

David/Steven
Wartaotonomibaru.com

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*