Mengenal Antifa, Kelompok Garis Keras yang Bikin Trump Jengkel

0 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

Wartaotonomibaru.com, AMERIKA – Presiden Donald Trump menemukan musuh baru lagi dibalik kerusuhan besar yang terjadi di beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS). Musuh yang dimaksud adalah Antifa, sebuah organisasi anti-fasis (Antifa) yang memang terbilang sangat dikenal di Amerika Serikat.

Ya, Trump menuding meluasnya kerusuhan yang dipicu aksi rasialis yang menewaskan warga kulit hitam George Floyd tak lepas dari aksi kelompok Antifa. Bagi Trump kelompok aktivis Antifa memang sengaja memanasi suasana dengan aksi turun ke jalan-jalan dibanding berdialog. 

Antifa sendiri berdiri di Italia untuk melawan fasisme besutan Benito Mussolini dan kelompok ini dengan cepat menyebar ke beberapa negara Eropa, sekitar tahun 1920-an. Dalam sejarahnya, kelompok ini beberapa kali menjadi garda paling depan saat mencium gerakan fasisme.

Di Amerika Serikat sendiri, Antifa juga punya nama besar. Kelompok ini menjadi lawan nyata bagi beberapa organisasi atau kelompok dengan faham Fasis. Terutama di era 1930-an, saat di Amerika Serikat muncul kelomp0k rasialis macam Ku Klux Klan hingga tokoh pendukung fasis seperti Pastur Charles Coughlin.

Di era modern termasuk di AS, kelompok berhaluan kiri ini juga beberapa kali terlibat dalam beberapa unjuk rasa besar dengan latar belakang kasus rasis, fasis hingga memerangi pengaruh kelompok sayap kanan. Bahkan banyak yang mengaitkan Antifa sebagai gerak komunis, Marxis hingga sosialis.

Noldy Maramis /Kloudia Rompas
Wartaotonomibaru.com

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Baca juga :   Pidato Menggelegar Putin di Depan Prabowo Subianto Saat Parade Militer, Hoorah!

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*