PWI Harap Ada Sinergi dan Kerja Sama Penguatan Peran DPD




5 0
Read Time:2 Minute, 9 Second

JAKARTA, Wartaotonomibaru.com – Ketua DPD Nyala menerima kunjungan Ketua PWI Pusat Atal Depari bersama petinggi PWI di Gedung DPD Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari berharap ada sinergi dan kerja sama antara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan PWI. PWI menilai DPD sebagai sebuah lembaga parlemen layak disuarakan ke masyarakat. Apalagi saat ini DPD dinilai sebagai corong aspirasi masyarakat yang terus berjuang untuk kepentingan daerah.

“Kami berharap ada sinergi dan kerja sama antara DPD dengan PWI. Dengan jaringan media di bawah PWI, program-program DPD dapat dipublikasikan secara serentak. Dengan misi DPD yang mencakup seluruh daerah di Indonesia, kerja sama PWI dengan DPD akan sangat strategis,” ujar Atal S Depari kepada Wartaotonomibaru.com Selasa (23/6/2020).

Jajaran pengurus PWI, Selasa (23/6/2020) melakukan audiensi ke Gedung DPD, dan diterima langsung Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dan Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin.

Dalam pertemuan tersebut Atal mengatakan DPD merupakan lembaga yang telah terbukti dalam menyuarakan aspirasi-aspirasi daerah ke pusat. Sehingga banyak kinerja positif DPD yang harus diinformasikan kepada masyarakat secara luas. Bisa dari program kelembagaan ataupun program dari setiap senator anggota DPD.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD LaNyalla menyambut baik wacana sinergi kerja sama antara DPD dengan PWI.

Menurutnya selama kepemimpinannya, DPD harus mampu menjadi lembaga yang dapat membawa aspirasi daerah ke pusat, sehingga kepentingan-kepentingan daerah dapat terwujud melalui DPD.

“Saya menyambut baik rencana kerja sama ini. DPD sejak saya pimpin, punya prinsip, kita jangan bawa masalah pusat ke daerah. Saya minta setiap anggota DPD membawa masalah daerah ke pusat, untuk dicarikan jalan keluarnya. Alhamdulilah beberapa aspirasi dan isu di daerah telah berhasil kami temukan jalan keluarnya bersama eksekutif,” kata LaNyalla.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin. Dia berpendapat DPD masih memiliki kewenangan yang terbatas dalam memperjuangkan kepentingan daerah.

Posisi DPD di dalam sistem bikameral masih belum kuat. Namun, posisi DPD saat ini semakin menguat, di mana dulunya hanya sekadar menyampaikan usulan Rancangan Undang-undang (RUU), saat ini DPD sudah mulai dilibatkan dalam pembahasan RUU.

DPD juga memiliki fungsi pengawasan yang menjadi kekuatan dalam kinerja DPD sebagai wakil daerah, oleh karena itu, DPD membutuhkan sinergitas untuk penguatan sebagai lembaga perwakilan daerah.

“Meski secara kelembagaan belum sekuat DPR, tapi harapan daerah untuk penyaluran aspirasinya yang formal jalurnya ya ke DPD. Pengaduan dari manapun selalu kita terima, tidak melihat dia dari mana. Kita membutuhkan sinergitas untuk penguatan melalui pembangunan opini publik. Kita perlu mengkomunikasikan kinerja DPD. Banyak kerja-kerja DPD dalam enam bulan ini yang konkrit yang harus dikomunikasikan,” kata Sultan.

David/ Fredi
Wartaotonomibaru.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*