Mendikbud Nadiem Khawatir Siswa Belajar di Rumah Jadi Merasa Kesepian




0 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

Wartaotonomibaru.com, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyoroti aspek psikologis siswa dalam melakukan kegiatan belajar di rumah. Dia khawatir siswa kesepian di masa pandemi COVID-19.

“Saya sangat khawatir dengan proses ini. Saya juga sangat khawatir dengan loneliness. Bukan hanya dari kognitifnya,” kata Nadiem dalam telekonferensi di diskusi ‘Distance Learning Affecting Students in New Normal’, Selasa (9/6/2020).

Dia menjelaskan sekolah tidak hanya tempat belajar bagi anak-anak, namun tempat bagi anak-anak untuk melakukan sosialisasi. Menurutnya, hal itu merupakan aspek yang tidak dapat dianggap sepele.

“Jadi itu merupakan suatu hal yang nggak bisa kita minimalisir. Feeling of loneliness atau merasa lonely bagi anak-anak kita dari interaksi fisik yang mereka butuhkan dengan anak-anak lain. itu menurut saya bisa lebih besar risikonya daripada kognitifnya,” ujar Nadiem.

Lebih lanjut Nadiem mengungkapkan data survei yang dilakukannya di Kemendikbud. Menurutnya, banyak anak yang ingin segera Kembali beraktivitas ke sekolah.

“Semua survei yang kita lakukan selama ini yang paling ingin kembali sekolah itu yang mayoritas itu adalah murid-murid SD, SMP, SMA. Semuanya kangennya luar biasa sama sekolah. Yang biasanya nggak pernah mau bangun buat sekolah sekarang mereka bilang ‘aduh kangen banget sama teman, kangen sama guru, kangen nongkrong di kantin sama temen-temen’ dan lain-lain,” ungkap Nadiem.

Wardoyo/ Fredi
Wartaotonomibaru.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*