Jaga Perbatasan Papua, 450 Prajurit Siliwangi Bebas Covid-19




98 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

JAKARTA, Wartaotonomibaru.com – Sebanyak 450 prajurit Batalyon 312/Kala Hitam Kodam III Siliwangi TNI AD berangkat dari Dermaga Kolinlamil Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara untuk bertugas menjaga daerah perbatasan Papua dengan Papua Nugini, Sabtu (4/7/2020).

Sebanyak 450 prajurit Batalyon 312/Kala Hitam Kodam III Siliwangi TNI AD berangkat dari Dermaga Kolinlamil Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara untuk bertugas menjaga daerah perbatasan Papua dengan Papua Nugini, Sabtu (4/7/2020).

“Mereka yang berangkat hari ini sudah menjalani rapid test Covid-19 sebanyak dua kali dan hasil seluruhnya tidak ada yang reaktif. Saya minta selain menjalankan tugas penjagaan dengan baik tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Panglima Kodam Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto di hadapan prajurit.

Ia menyebutkan para prajurit tersebut harus selain harus dapat beroperasi memberikan rasa aman di tengah masyarakat juga diminta tidak mudah dipengaruhi oleh pihak manapun dan tetap menjalankan tugas pokok dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Harus tetap waspada di mana pun bertugas baik di markas, pos jaga. Jangan pergi sendiri. Saling mengingatkan, saling menjaga, saling melindungi. Jaga nama besar batalion Kodam Siliwangi,” tandas Pangdam Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Sementara itu, Danyon 312 KH Letkol, Dedy Arianto menyebutkan ada sebanyak 450 personel yang diberangkatkan untuk bertugas di dua kabupaten yang ada di sektor Utara perbatasan Papua dan Papua Nugini.

“Kita melakukan pengamanan terhadap patok batas wilayah, melihat potensi dan resiko dari kelompok separatis bersenjata, dan bersama masyarakat membangun komunikasi yang baik,” kata Dedy.

“Persiapan dan latihan khusus dalam satuan untuk menunjang dalam mendukung tempur, teritorial, dan intelijen sudah kami laksanakan. Disana nantinya kami BKO di bawah Korem 172 Kodam Cenderawasih. Kami juga membawa pupuk dan bibit untuk memberdayakan masyarakat sekitar,” tambah Dedy. 

Wardoyo/ Rendy
Wartaotonomibaru.com

Happy
Happy
96 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
4 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*