Serahkan 4 Unit Handtraktor Kepada Poktan, Bupati Simalungun Rancang Ada Bimtek untuk Petani




Bupati Simalungun saat mendemonstrasikan alsintan yang baru diserahkan kepada 4 poktan di kecamatan Purba,Kamis,(7/10/2021). (WOB/San)
0 0
Read Time:2 Minute, 28 Second

Simalungun, Wartaotonomibaru.com – Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga rancang akan membuat bimbingan teknis yang ditujukan kepada para petani didukung alat mesin pertanian ( alsintan) sehingga pertanian di kabupaten Simalungun bisa lebih maju, dan secara otomatis akan mendorong peningkatan kesejahteraan petani secara ekonomi.
Hal ini dikatakan bupati saat menyerahkan bantuan berupa alat mesin pertanian sebanyak 4 unit kepada  kelompok tani (poktan) di Kabupaten Simalungun, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumut,  Kamis,( 7/10/2021).

Alsintan yang diserahkan  berupa Hand Traktor, kepada 4 Poktan yakni Poktan Sadar Tani Kecamatan Silimakuta, Poktan Naga Tunas Kecamatan Raya,  Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba dan Poktan Tani Sejahtera Kecamatan Hutabayu Raja, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI.Bantuan secara simbolik diserahkan Bupati kepada Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba, disaksikan Camat Purba Lince Simamora bersama Forkopimcam, tokoh masyarakat dan anggota poktan yang menerima bantuan. 

“Saya berharap dengan alsintan ini dapat lebih memotivasi untuk mendukung ekonomi disektor pertanian di Kabupaten Simalungun. Meskipun hanya 4 unit, tapi ini saya fikir awal yang baik untuk dapat kita menganggarkan kembali, tidak hanya alsintan, namun kebutuhan pertanian yang lainnya demi menunjang kemajuan pertanian di Kabupaten Simalungun agar tidak tertinggal dengan daerah lain. Ini juga merupakan tugas kita bersama bagaimana memajukan pertanian di daerah kita ini,”kata Bupati usai menyerahkan bantuan.

Disebutkan bupati pula, wilayah Kabupaten Simalungun, yang 70 persen merupakan sektor pertanian, harus dimajukan.
“Wilayah Kabupaten Simalungun yang sekitar 70 persen merupakan lahan pertanian harus dimajukan secara bersama-sama, tidak hanya mengandalkan APBD, akan tetapi akan terus menjalin komunikasi yang baik dengan kementerian pertanian di Jakarta. Sehingga bisa menyampaikan peluang-peluang untuk kebutuhan Simalungun,”kata Radiapoh.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para petani di Simalungun, Bupati menyampaikan bahwa kedepan akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap petani seperti bimbingan teknis (Bimtek) untuk dapat belajar dari daerah-daerah yang sudah maju dalam hal pertanian.

“Banyak hal memang yang dapat kita lakukan untuk menggenjot kesejahteraan para petani kita kedepan, tentu kita harus banyak belajar dari daerah-daerah yang sudah berhasil dibidang pertanian,”ujar Radiapoh.

Kepada penerima bantuan alsintan, Bupati meminta agar merawat dan menjaga bantuan tersebut sehingga dapat dipergunakan dengan baik dan juga dapat digunakan kelompok lain.

Sementara itu mewakili penerima, Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan kepada kelompok taninya. Ia mengaku sangat gembira menerima alat ini,  karena sejak Poktan Makmur Tani dibentuk, baru kali ini menerima bantuan. 

“Dengan adanya bantuan ini kami bisa mengoptimalkan pengelolaan lahan kami yang selama ini kami membayar kepada orang lain. Dan biaya yang selama kami keluarkan dapat kami jadikan sebagai kas untuk perawatan alat ini, termasuk pembelian pupuk serta secara ekonomi poktan kami dapat terbantu dalam pengolahan tanah,”ungkap Sarmalim.

Dalam kesempatan itu, Bupati mendemonstrasikan bantuan alsintan dengan mentraktor tanah di lahan pertanian yang tidak jauh dari lokasi acara.

(San)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*