PT Sumatra Tobacco Trading Company (STTC) Bersama Polda Sumut dan Dinkes Pemkot Pematangsiantar Vaksinasi 2 Ribu Warga Kota Siantar




1 0
Read Time:4 Minute, 14 Second

Pematangsiantar, wartaotonomibaru.com – PT Sumatra Tobacco Trading Company (STTC) bekerja sama dengan Polda Sumut dan Dinas Kesehatan Pemko Pematangsiantar selaku petugas vaksinator melaksanakan Vaksinasi  untuk Covid-19 dengan target sebanyak 2 ribu warga Kota Siantar, dengan memprioritaskan ibu hamil serta lanjut usia (lansia).

Kegiatan vaksinasi ini digelar di Gedung Olah Raga (GOR) milik PT STTC, Jalan Lau Cimba, Kota Siantar, Jumat, (22/10/2021). 

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Direktur PT STTC, Edwin Bingei Purba Siboro diwakili putranya, Alvin Bingei Purba Siboro didampingi Dandenpom I/1 Siantar, Mayor CPM Binson Simbolon dan Humas PT STTC, Erdy Wienata mengatakan, vaksinasi dilaksanakan untuk mencapai target vaksinasi Covid-19 diangka minimal 70 persen bagi masyarakat, sebagai syarat Siantar supaya bisa turun ke level 1. 

Alvin juga menegaskan, vaksinasi bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun perlu juga dukungan dari kalangan pengusaha dan masyarakat sehingga diharapkan dengan langkah ini dapat mempercepat kota Siantar segera turun ke level 1.

Dikatakannya, kegiatan vaksinasi dapat berjalan lancar berkat kerja sama dengan Polda Sumut, Polres Siantar dan Dinkes Siantar yang bertugas sebagai vaksinator.

“Yang kita laksanakan ini adalah kegiatan sosial, supaya kita bisa meningkatkan angka vaksinasi di Siantar. Karena sejauh ini saya dengar vaksinasi kita di Siantar baru mencapai 40 persen dan untuk mencapai PPKM level 1 harus 70 persen,” kata Alvin.

Dirinya pun berharap, agar seluruh warga Siantar untuk sama-sama berkontribusi dengan mau divaksin dan tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan harapan, agar wabah pandemi Covid-19 dapat secepatnya diatasi.

Vaksinasi untuk 2 ribu warga ini, disebut Alvin merupakan salah satu dari sejumlah kegiatan sosial yang sudah dilaksanakan pihak PT STTC.

“Sebelumnya kita juga sudah ada memberikan bantuan berupa peralatan oxygen concentrator untuk beberapa Rumah Sakit (RS) di Siantar, Simalungun dan Medan untuk dipergunakan membantu pasien yang terpapar Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, masih kata Alvin, PT STTC juga memberikan bantuan mendirikan pos-pos untuk pengamanan dan pengawasan penyebaran Covid-19 bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Siantar, melalui Kabag Sumda, Kompol Hendrik Situmorang mengatakan, pelaksanaan vaksinasi yang dipantaunya dari awal sampai akhir, berjalan lancar dan baik.

“Pelaksanaan sudah baik dan animo masyarakat juga cukup bagus. Walaupun sudah divaksin, kita harapkan agar masyarakat tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan (prokes),” katanya.

Tim kesehatan dari PT STTC, Chairul saat diwawancarai wartawan secara terpisah menjelaskan, vaksinasi Covid-19 menggunakan Vaksin Sinovac.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan imunitas warga Siantar, dengan harapan minimal kota Siantar dapat mempertahankan level 2 seperti saat ini. Kita juga berharap agar dapat lebih cepat turun ke level 1,” kata Chairul.

Menurut Chairul jadwal vaksinasi dosis ke 2 akan dilaksanakan lagi pada tanggal 19 November 2021, dan tempatnya telah ditentukan di sejumlah lokasi, termasuk di beberapa klinik termasuk klinik Polres Siantar.

Pada kegiatan vaksinasi itu, tampak warga cukup antusias karena beberapa dari mereka mengaku selama ini berkeinginan mendapatkan vaksin Covid-19 ini, namun selalu gagal karena satu dan lain hal.

Hal ini seperti yang diungkapkan Rita ( 52) warga Jl.Medan kepada WOB. ” Saya sudah lama mau vaksin, tapi karena di tempat kami belum dapat informasi waktu itu siapa yang bisa mendaftarkan, ya ditolak. Ada 2 kali saya gagal ikut vaksin. Meski saya waktu itu bawa KTP dan KK, tapi saya ditolak. Kata petugas saya gak bisa ikut, harus didaftar dulu. Yang kedua, waktu itu saya pergi ke gerai vaksinasi di Tanjung pinggir, tapi dikatakan saya terlambat mendaftar.Untunglah di sini persyaratannya gak ribet,” tukas Rita.

Salah seorang warga Jl.Ahmad Yani, Yanto (50) juga mengisahkan susahnya ia mendapatkan vaksin tahap pertama. “Saya dua kali gagal vaksin. Pertama saya ditolak dapatkan vaksin karena tidak mendaftar secara virtual, dan saya kurang mengerti itu. Nah,di tempat lain saya pernah mau ikut vaksin di Jln.Asahan di Koramil Percontohan itu. Saya sudah dapat kupon, tetapi malah katanya saya tidak dapat jatah vaksin, karena habis . Padahal saya sudah menunggu dari pagi sesuai jadwal yang ada di kupon. Kesal rasanya, sudah menunggu lama ternyata sampai sore tak kunjung dipanggil.Begitu ditanya,katanya jatah vaksin habis. Saya pun pulanglah dengan kesal,” kenang Yanto tentang pengalamannya berusaha mendapatkan vaksin.

Meski begitu, Yanto bersyukur bisa mendapatkan vaksin gratis  tahap pertama yang dilaksanakan PT STTC dan Polda Sumut ini dan sekaligus menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Pada kegiatan vaksinasi tersebut, PT STTC juga menyerahkan sumbangan kursi roda kepada peserta yang lumpuh. Selain itu, panitia juga memberikan masing-masing 1 kotak Indocafe gratis kepada seluruh peserta yang mengikuti vaksinasi. Warga yang vaksin juga mendapat sajian minuman Indocafe gratis di lokasi. Sedangkan bagi para peserta vaksinasi yang beruntung dan mampu menjawab pertanyaan kuis dari panitia, diberikan hadiah sembako untuk dibawa pulang ke rumah.

Vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat. Seluruh peserta vaksinasi, termasuk seluruh petugas keamanan dari Polres Siantar, petugas security dari PT STTC dan tenaga medis yang masuk ke areal vaksinasi diwajibkan masuk ke ruang Automatic Sterilizer Chamber atau ruang sterilisasi. Ini agar seluruh orang-orang yang berada di lokasi aman dan steril dari virus.

Sedangkan Vaksinasi digelar mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, berjalan tertib, aman dan lancar.

( San)

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*