Kejar Target Vaksinasi 70% D2 – Polres Simalungun Bersama Satgas Covid-19 Pemkab Simalungun Gelar Rapat Koordinasi




0 0
Read Time:2 Minute, 37 Second

Simalungun,Wartaotonomibaru.com – Dalam rangka mengejar terget 70 persen vaksinasi dosis 2 (D2), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar rapat koordinasi di Posko Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Simalungun, Sumut, kemarin.

Rapat tersebut dipimpin Kapolres Simalungun Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK,  MH bersama Wakil Bupati (Wabup) Simalungun H Zonny Waldi dan mewakili Dandim 0207/Sml Kapten Inf.Totok Ragiel Saputra serta mewakili Kadis Kesehatan dr Henry Hutabarat.

Wakil Bupati Simalungun dalam rapat tersebut menyampaikan, untuk mencapai target 70 persen capaian vaksinasi D2 harus ditentukan target sasaran harian kecamatan, namun harus dilihat terlebih dahulu dari persentasi capaian vaksinasi D2 di kecamatan.

“Karena kemungkinan ada kecamatan yang sudah mencapai 70 persen. Jadi jangan disamakan,”kata Wakil Bupati.

Kepada dinas kesehatan, Wabup meminta untuk selalu meng-up date laporan kegiatan Vaksinasi setiap harinya termasuk data sisa vaksin dan vaksin yang telah digunakan. 

“Kita juga harus ada data target harian per faskes yang dapat dijadikan data kecamatan,”kata Wakil Bupati.

Terkait dengan data pelaporan, Wakil Bupati meminta agar dilakukan kesamaan data. “Data yang mana digunakan untuk nasional,”kata Wabup. 

Tim vaksinator di Puskesmas agar dibagi menjadi dua tim untuk mempercepat pemberian vaksinasi kepada masyarakat. “Jangan kita menunggu masyarakat untuk vaksin, lakukan vaksinasi langsung ditengah-tengah masyarakat,”kata Wakil Bupati.

Kepada Satgas Penanggulangan Covid-19, Wakil Bupati meminta untuk kembali melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Simalungun.

Menyinggung vaksin yang memasuki masa expired  Wabup meminta agar segera di habiskan. “Berkolaborasilah dalam bekerja dengan forkopimcam dan vaksinasi untuk lansia dan anak agar segera di tuntaskan,”kata Wabup.

Sementara itu, Kapolres Simalungun mengatakan, saat ini kita bukan hanya menghadapi target vaksin saja, tapi juga diperlukan manajemen dalam rangka mengantisipasi PPKM asesmen, sehingga diharapkan Anev (analisa dan evaluasi) ke depan ada dua obyek.Kapolres juga berharap Satgas menjadi bagian operasional penanggulangan Covid, tidak hanya memantau vaksin tapi bagaimana memanajemen vaksinasi dan penilaian assesmen PPKM.

“Yang pertama bagaimana manajemen vaksin, yang kedua adalah mengelola assesmen level PPKM di Simalungun,”kata Kapolres.

Terkait dengan pelaksanaan vaksin, Kapolres mengatakan untuk mengejar 70 persen dosis 2 dapat diperoleh dari target sasaran vaksin seperti Sumber Daya Manusia ( SDM) kesehatan, lansia, anak-anak, petugas publik, masyarakat rentan dan remaja. “Untuk itu instansi terkait diharapkan menyampaikan data sasaran vaksin,”kata Kapolres.

Dalam rapat tersebut diperoleh data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bahwa oleh Faskes capaian Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Simalungun sampai tanggal 24 Februari 2022. 

Dari data tersebut diketahui capaian D1 mencapai 83,09 persen, D2 mencapai 67,83 persen dan D3 mencapai 4,02 persen.

Dalam rapat tersebut juga dibahas langkah-langkah strategis yang diambil dalam rangka memenuhi target capaian vaksinasi 70 persen hingga 28 Februari 2022 mendatang. 

Sebelumnya, peserta rapat juga mengikuti pantauan virtual Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang memantau pelaksanaan vaksinasi massal serentak di seluruh Indonesia melalui zoom meeting.

Peserta rapat antara lain terdiri dari Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimuda AD Purba, Kasatpol PP Adnadi Girsang, Kalak BPBD Ramadhan Damanik, mewakili Kadis Kominfo Warsono Manihuruk, Kasat Intel AKP Restu Adi, Kabid Pendidikan Dasar Syahmantua Sidabalok, Kabid P2P Dinkes dr Amran H Situmorang.(Susan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*