Bane: Kader PDI Perjuangan Harus Kuasai Komunikasi Politik untuk Jaga Dukungan Publik




0 0
Read Time:1 Minute, 51 Second

Dairi,Wartaotonomibaru.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus membekali kadernya di seluruh Indonesia melalui pendidikan di Sekolah Partai. Konsolidasi dilakukan salah satunya sebagai persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Pada 24-26 Februari 2022, Pendidikan Kader Pratama digelar DPC PDI Perjuangan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mendukung kegiatan yang berlangsung tiga hari tersebut.

“Ini perintah DPP PDI Perjuangan, semua kader harus dibekali, calon-calon pemimpin dari PDI Perjuangan wajib mengikuti Sekolah Partai,” ujar Hasto, Sabtu (26/2/2022).

Sekolah Partai merupakan bagian dari sistem kaderisasi yang dibangun PDI Perjuangan untuk menempa para kadernya agar menjadi calon pemimpin terbaik untuk masyarakat.

Salah satu pemateri dalam Pendidikan Kader Pratama DPC PDIP Kabupaten Dairi adalah Bane Raja Manalu. Alumni Universitas Indonesia itu telah menjadi pemateri di Sekolah Partai PDI Perjuangan sejak tahun 2015, dan hari ini memberikan materi mengenai komunikasi politik.

Bane menyampaikan, komunikasi politik penting dikuasai kader-kader PDI Perjuangan untuk menyampaikan hasil kerja untuk masyarakat dan berguna dalam menjaga dukungan publik.

“Komunikasi politik ini penting, bagaimana kita harus mengomunikasikan kebijakan Partai, yang selaras dengan program Presiden Jokowi serta kepala daerah dan anggota legislatif dari PDI Perjuangan untuk menjaga dukungan dari masyarakat. Salah satunya melalui media sosial,” ungkap Bane.

Putra daerah kelahiran Tomuan Dolok itu menuturkan, elektabilitas PDI Perjuangan selalu berada di atas berdasarkan survei sejumlah lembaga. Pada Januari 2022, elektabilitas PDI Perjuangan unggul jauh dibanding partai politik lainnya dengan 22,8 persen, berdasarkan survei Litbang Kompas.

“Besarnya dukungan masyarakat, itu yang membuat elektabilitas PDI Perjuangan kukuh di puncak. Momentum ini harus dijaga dengan menyampaikan hasil kerja dan program untuk rakyat secara tepat,” ungkap Bane.

Sekolah Partai mulai dilaksanakan PDI Perjuangan sejak 2015 dan konsisten dilaksanakan hingga saat ini untuk calon kepala daerah, calon anggota legislatif, calon pemimpin partai, sekretaris partai, hingga sekolah bendahara partai. Sekolah Partai juga menjadi bukti akan komitmen PDI Perjuangan yang menempatkan kaderisasi kepemimpinan sebagai proses yang sistemik agar seluruh kader memahami aspek kepemimpinan mumpuni.

Berbagai materi diberikan pada kader di Sekolah Partai, mengenai ideologi Pancasila, Trisakti dan Nawacita, tata kelola organisasi, analisis sosial dan perencanaan pembangunan desa, komunikasi politik, strategi pemenangan Pemilu, dan materi lain untuk menghasilkan calon pemimpin yang berproses dari bawah, untuk mengabdi pada bangsa dan negara Indonesia. (rel/Susan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*